Sabtu, 12 Januari 2013

Cara Nonton Video Berbahasa Inggris


Anda mungkin sering mencoba belajar bahasa inggris lewat video, maksud saya nonton video yang berbahasa inggris kan? Saya juga suka  Termasuk juga nonton film di TV yang berbahasa Inggris. Agak sulit sih memang di awalnya, tapi kalau rajin dilakukan maka lama kelamaan memang jadi enak. Ingat belajar jurus rajin kan?. Memang enak video yang dibeli sendiri sih dibandingkan yang di TV karena kalo video bahasa Inggris pribadi kan bisa diulang sesuka hati muternya.
Seorang teman saya memberikan tips jitu cara nonton video belajar bahasa Inggris, cara dia ini sering saya praktekkan. Manjur banget. Caranya begini: Tonton dulu video bahasa Inggris tersebut sampai mengerti benar bagaimana ceritanya. Kalau memang ada text bahasa Indonesianya lebih bagus lagi. Ulang-ulang deh nontonnya, agar cepat mengerti konsentrasikan pada textnya saja di tahap awal.
Nah, kalau sudah mengerti jalan ceritanya maka coba tutup text terjemahan bahasa Indonesianya itu. Biasanya kalau sudah mengerti duluan ceritanya maka mengartikan bahasa inggrisnya menjadi lebih mudah. Pasti beda deh dengan nonton pertama kali yang mana kita belum faham apa isi ceritanya. Lebih bagus lagi cari video yang berbahasa inggris yang pemainnya juga cantik dan seksi atau bagi cewek ya cari video yang pemainnya ganteng dan macho, agar semangat dan terus tertarik untuk menonton 
Kalau belum cukup mengerti, coba ulang nonton tanpa menutup textnya. Ulang saja 3 sampai 10 kali. Memang perlu rajin belajar bahasa inggris ini loh!. Namanya juga usaha, belajar spt orang goblok tak mengapa kok, yang penting kan pada akhirnya bisa, lancar dan mengerti seluruh percakapan bahasa inggris di video tersebut.
Coba ulang-ulang kegiatan menonton seperti itu untuk video yang berbeda, dengan cara yang hampir sama. Maka video selanjutnya akan jauh lebih mudah dimengerti. Itulah yang pernah saya lakukan untuk belajar bahasa inggris dengan cara menonton video. Cara ini bekerja efektif untuk saya, dan semoga juga bisa bekerja efektif untuk Anda.
Kalau ingin belajar speaking dan menulis bahasa inggris, baca aja disini : English Communication for Indonesians Society.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar